Tanpa menginjak pedal gas, mobil bisa bergerak lambat saat tuas transmisi matic masuk posisi D atau drive dan R alias reverse atau mundur. Semua kendali hanya mengandalkan kaki kanan saja, sementara kaki kiri bisa bersantai di footrest yang tersedia.
umumnya, tuas pada mobil matik terdapat barisan kombinasi huruf dan angka, yakni P-R-N-D-2-L atau P-R-N-D-M (+/-). Pengguna mobil manual jelas sudah terbiasa dengan fungsi di bagian R dan N atau P. Namun, sebagian orang masih bingung dengan fungsi tuas di D, L, D-2.
Cara mengendarai mobil matic sebenarnya tidak sulit, asalkan kita sudah mengetahui fungsi di tiap transmisi. Pertama untuk D (drive) merupakan posisi untuk berkendara dalam ritme mesin terbaik. Pengemudi sebaiknya menggunakan D saat berkendara dengan kecepatan normal di dalam kota.
Saat akan berkendara, dibiasakan menginjak pedal rem jika akan menggeser tuas dari posisi diam. Cara ini juga dilakukan saat akan menghidupkan mesin mobil.
Dalam posisi D, transmisi juga akan bekerja over drive, yakni mengemudi dengan putaran mesin optimal untuk memaksimalkan tenaga mobil tersebut. Tombol OD seperti menggeser tuas dari posisi 4 ke posisi 3 dalam manual, yang fungsinya untuk membantu kita dalam berakselerasi pada kecepatan tinggi.
Apabila kita ingin melaju lebih cepat dan ingin mendahului mobil yang berada didepan kita maka harus menggunakan kecepatan diatas standar yaitu sekitar 60-80 km/jam. Namun demikian, posisi D tidak bisa digunakan dalam segala kondisi. transmisi D hanya digunakan saat lalu lintas lancar dan di jalan rata, bukan naik turun.
Apabila memposisikan transmisi di D saat jalan menanjak, bahan bakar jadi lebih boros. Sebaiknya pindahkan ke L atau D 1-2 tergantung tingkat kecuraman tanjakannya. Dalam transmisi otomatis, posisi L atau D 1-2 adalah gigi rendah sehingga dinilai aman saat melibas turunan atau tanjakan yang cukup curam.
Mengendarai mobil matic keluaran terbaru bahkan bisa tetap irit seperti halnya transmisi manual. Sistem komputer akan memindahkan gigi secara otomatis sesuai dengan kecepatan kendaraan dan putaran mesin. Pengemudi yang terbiasa menginjak pedal gas secara diurut, maka sistem komputer akan memindahkan gigi pada putaran mesin yang masih rendah.(dikutip dari carmudi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar